jump to navigation

sejarah bengkalis October 14, 2008

Posted by rizal hasyim in Bengkalis Community.
Tags:
trackback

  Asal Mula Nama Bengkalis

Asal mula nama Bengkalis diambil dari Kata ” Mengkal” yang berarti sedih atau sebak dan ” Kalis” yang bearti tabah, sabar dan tahan ujian kata ini di ambil dari ungkapan raja kecil kepada pembantu dan pengikutnya sewaktu baginda sampai di pulau Bengkalis ketika ingin merebut tahta kerajaan Johor. dengan ungkapan ” Mengkal rasanya hati ini karena tidak diakui sebagai Sultan yang memerintah negeri, namun tidak mengapalah, kita masih kalis dalam menerima keadaan ini ” sehingga menjadi buah bicara penduduk bahwa baginda sedang Mengkal tapi masih Kalis akhirnya ungkapan itu menjadi perkataan ” oh baginda sedang Mengkalis ” dari kisah ini timbullah kata mengkalis, bahkan berubah menjadi kata Bengkalis.

Sejarah Bengkalis bermula ketika Tuan Bujang alias Raja Kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah mendarat di Bengkalis pada tahun 1722. Beliau di sambut oleh batin Senggoro dan beberapa Batin pucuk suku “asli” Batin Merbau, Batin Selat Tebing Tinggi dll. Berita Raja Kecil adalah pewaris kerajaan Johor semakin menumbuhkan rasa hormat Batin-Batin di maksud, sehingga mereka mengusulkan agar Raja Kecil membangunkan kerajaannya di pulau Bengkalis.

Namun melaui musyawarah beliyau dengan Datuk Laksemana Bukit Batu, Datuk Pesisir, Datuk Tanah Datar, Datuk Lima Puluh dan Datuk Kampar dan para Batin, di sepakati bahwa pusat kerajaan didirikan di dekat Sabak Aur yakni di sungai Buantan salah satu anak Sungai Siak, pusat kerajaan itu didirikan pada tahun 1723. Kerajaan inilah kemudian berkembang menjadi kerajaan Siak Sri Indra Pura, yang pernah menguasai kawasan yang luas di pesisir pantai Sumatra bagian utara dan tengah sampai ke perbatasan Aceh.

Catatan sejarah menunjukkan, bahwa Bengkalis pernah menjadi basis awal kerajaan Siak. Di Bengkalislah wawasan mendirikan kerajaan Siak di mufakati. Dan di Bengkalis pula bantuan moral dari rakyat di padukan ketika beliau keluar dari Bintan. Sejarah juga mencatat, setelah belanda semakin berkuasa. Maka Bengkalis pula yang menjadi tempat kedudukan residen pesisir timur pulau Sumatra berdasarkan perjanjian dengan Sultan Syarif Kasim Abdul Jalil Syarifudin menyerahkan pulau bengkalis kepada Hindia Belanda tanggal 26 Juli 1823.

Sejarah juga mencatat sebelum kedatangan Raja Kecil, Bengkalis sudah menunjukkan peran penting dalam arus lalu lintas niaga di selat Melaka. Terutama sebagai persinggahan saudagar yang keluar masuk sungai Siak.

Bahkan sejak Tapung (Petapahan) di temui timah (1674) dan emas.peran Bengkalis dalam hubungan Melaka dengan kerajaan di pesisir timur Sumatra semakin besar, terutama dimasa berdirinya kerajaan Gasib. Di masa pemerintahan Sultan Mansur Syah tahun (1459-1477) Gasib di kuasai oleh Melaka, raja Gasib yang belum menganut agama Islam di Islamkan dan di beri gelar Sultan ” Ibrahim” dan di jadikan wakil Sultan Melaka di Gasib, sejak itu kerajaan Gasib di bawah kepimpinan Sultan Ibrahim ( Sebelum di Islamkan bernama Megat Kudu) menjadi kawasan pengembangan Islam.

Comments»

1. nun1k04a - October 15, 2008

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

http://seni-budaya.infogue.com/asal_mula_nama_bengkalis

2. rifafreedom - October 15, 2008

Salam Kenal Sahabat
Blogmu bagus tapi jangan info cpns melulu ya
Sekedar saran di Bengkalis kan banyak obyek wisata ….nah untuk informasi tulis dong supaya orang seperti saya (urang Banjar)…maksudnya Orang Banjar mengetahui……

Salam Ukhuwah
Banjarmasin

3. mamas86 - October 16, 2008

Klo ada cerpen daerah yang lainnya bisa…..

4. rizal - October 16, 2008

makasaih atas commentnya ya,, ntar saya coba deh..soalnya lagi belajar ngeblog ni..agar gak jadi goblok..he..he..

5. erwin - June 20, 2009

ada yang punya cerita rakyat awang mahmuda gak???
tolong donk???

6. rizal - June 24, 2009

bukankah awang mahmuda dah pernah difilmkan di TVRi, kalau tak salah sekitar tahon 90an, atau cube cari di youtube, siape tahu ade. kalau bujang lapok banyak tu di youtube, dulu saye punye tapi dipinjam teman 10 buah tak pernah dikembalikan

7. evriza - September 2, 2009

hai….
kenalan donk…

8. es beno - October 4, 2009

mantap juge ulasannye lain kali bisa tempat diskusi banyak…tengok juge blog ku ye..bangasbersorak.blogspot.com..kami masih mau banyak belajar..berambisi menelusuri cerita cerita tentang kampung terutama di pesisir…

9. kepegawaianuinsuka - November 4, 2009

evriza: boleh, awak sekarang dimana?

10. darul - November 24, 2009

tak lame lagi cerita wak Kadim Lending pun harus masuk dalam cerita bengkalis ye

11. wahyu - December 9, 2009

untuk kita tau asal mulanya bengkalis

12. lim - January 15, 2010

memang cerite Wak Kadim Lending Bandul , cerite lucu dan bersebatian suami dan istri- istri ketigenye ikut kemane pergi ………hebatkan orang Melayu ….

13. urang awak - April 29, 2010

datuk tanah datar,datuk limapuluh??k2 nama datuk tsbt adlh nm kbupaten d sumbar.ap ad kaitnnya ya? siapa bisa bantu?

14. rizal - May 26, 2010

kalo ditilik dari ceritenya betul itu bisa jadi benar. dan antara riau dengan daerah sumbar bisa jadi masih satu asal

15. Pak cik - August 22, 2010

maaf ye,, waktu raja siak mendarat k p.bengkalis datuk laksemana raja di laut belum ada lagi,
yg ada baru daeng taugek,( datuk bandar bengkalis ) suami cik mas ayu..

16. Wilidonaf - November 27, 2010

Terima ksh sy ucpkan kpd penulis yg tlh memberikan informasi yg sgt berguna bg sy dn tmn yg membc artikel anda. Krn slm in nm BENGKALIS d ambil dr beberapa versi contoh ad yg mybtkannya dr nm ikan biles(teri) dn jg ad yg mybt bhw kerajaan siaklah yg pertama ad sblm pulau bengkalis muncul dn d ketahui olh org ramai.dg in bertambahlah ilmu saya ttg BENGKALIS,Wassalam.

17. Wilidonaf - November 27, 2010

”@urang awak” mhn maaf setahu aq bhw dtk 50 itu asal nya d bangkinang termsk slh 1 sk melayu

18. hutan - January 30, 2011

sjarah adalah sgalanya.knali masa ll ut meniti khidupan hari ni agar esok lbh baik.robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina azabannar.

19. hutan - January 30, 2011

adakah yg tau sjarah bhs melayu mnjadi bhs indonesia?
mhn sudi bagikan kesaya!
pndapatny jg ditunggu di sms 081365920701

20. riri - May 16, 2011

bengkalis ga kan pernah hilang oleh sejarah karna bengkalis mempunyai sejarah yang cukup banyak yang tidak di miliki oleh daerah lain

21. panglimo geram - September 21, 2011

dari nenek moyang kami dah asli bengkalis….
siapo yg menghina bengkalis kami,,,,hadapi aku

22. Cewek Keren - October 30, 2011

Sapo yg hina bengkalis,
bengkalis tu hebat banget tao
daripada kota yg lain

23. Tiara - October 30, 2011

halo temen temen semuanya……………
aku rindu banget sama kalian…………………………
maksudnya rindu ama bengkalis………………………………………..

24. Christie - August 5, 2013

What’s up colleagues, how is the whole thing, and what you wish for to say on the topic of this piece of writing, in my view its in fact remarkable in support of me.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: