jump to navigation

Sagu, Obat Sakit Perut October 20, 2008

Posted by rizal hasyim in Artikel Kesehatan.
Tags: , ,
trackback

SAGU, OBAT SAKIT PERUT

Hayo, udah pernah sakit perut belum? Kalo anda termasuk orang yang belum

menghargai dan sering memandang sebelah mata makanan tradisional seperti

sagu, mungkin anda akan berubah pikiran setelah membaca testimonial

dibawah ini yang saya kutip dari surat pembaca (sdr. Purbono,

jl. Kaliurang km 18 Yogyakarta) di Kedaulatan Rakyat tanggal 20 Oktober 2008.

“Saya adalah penderita sakit perut bertahun-tahun : kembung, mbesesek, mual, perih dan mudah sekali diare dan tiap kali mau BAB perut sakit.

Berobat ke beberapa Rumah Sakit, dokter 2 praktik dan juga alternatif telah saya jalani. Namun hanya sembuh sesaat dan sakit lagi.

Pada akhir September 2008 saya buka internet dan menemukan pada sebuah My Blog tentang mengatasi gangguan sakit perut (Colitis Ulcerattive) yang ditulis oleh orang yang menderita sakit perut bahkan telah berobat sampai ke Belanda pada dokter yang konon terkenal seantero dunia di sebuah rumah sakit. Tahukan anda? Ternyata sembuhnya dengan resep obat yang sederhana dari desa, bukan dari dokter yang terkenal tersebut.

Resep obat tersebut adalah TEPUNG SAGU. Cara pengobatannya :

1. siapkan satu gelas air putih hangat

2. masukan tepung sagu 3 sendok makan

3. masukan gula jawa dan sedikit garam (sesuai selera), (optional – boleh ya, boleh tidak)

4. diaduk lalu minum (pagi dan malam).

Insya Allah sakit hilang dan perut terasa lega dan tak lagi sering BAB.

Pada dasarnya penyakit perut disebabkan oleh kekurangan lapisan pelindung usus dan lambung, dan Sagu ternyata mampu melindungi usus dan lambung kita dari asam lambung yang berasal dari tubuh kita.

Comments»

1. obat sakit - November 29, 2008

Terima kasih atas infonya…
Sangat bermanfaat..

2. obat alternatif sakit - November 29, 2008

nice artikel…
thanks ya atas infonya….
sangat bermanfaat…

3. Evan Geminika - December 12, 2008

Halo Semua,

Sebenernya cerita di atas adalah pengalaman saya pribadi.

Saya menderita Ulcerative Colitis di Belanda. Di rawat selama 2 minggu di rumah sakit Twee Steden, Tilburg, Belanda.

Dokter di sana tidak tahu obatnya juga.
Saya hanya dikasih obat paling mujarab di alam semesta yaitu Prednison.
Tapi ya itu tadi seperti cerita saya di atas.

Sebenarnya tidak harus tepung sagu, tepung kanji atau tapioka pun bisa.

Ingat lah baik-baik bahwa tepung adalah makanan biasa, jadi lebih aman utk tubuh kita dibandingkan obat-obatan.

Untuk yg sudah parah, sebaiknya makanan pun sudah harus dibatasi.

Menurut pengalaman saya pribadi, jika penyakit perut saya kambuh. Akan lebih baik jika selama 2 atau 3 hari saya hanya memakan sayur bening bayam. Dengan hanya menggunakan garam.
Jadi Bayam di rebus dgn air, ditambah garam sesuai selera. Jangan di kasih bumbu2 lain lagi.
Itu kalo penyakit anda sudah sangat parah.
Ukuran parah untuk saya waktu itu sehari bisa 8X BAB, dan BAB nya berdarah.

Mudah2an bisa bermanfaat.

Evan Geminika (evan.geminika@gmail.com)
http://www.posvideo.net

4. erick - January 20, 2009

Hallooo….evan, aku cuma mau tanya , reaksi setelah makan sagu berapa lama?

5. Evan - February 12, 2009

halo Erick,

Terlebih dahulu saya tekankan saya bukan dokter dan ini hanya pengalaman saya saja.
Tepungnya pun bisa juga tepung tapioka.

Untuk kasus diare ringan biasanya reaksinya langsung ces-pleng.
Untuk kasus yg parah (seperti saya dulu) biasanya reaksi nya 3 sampai 7 hari.

6. bengkalisku - February 14, 2009

makasih ya atas informasi yang berguna ini, semoga menjadi amal sholeh dan mendapatkan royalti pahala

7. Evan - February 18, 2009

halo bengkalisku,
Terimaksih juga udah membantu saya menyebarkan pengalaman saya ini.
Saya bisa membayangkan, gimana rasanya kena penyakit perut yg aneh.
Karena saya sendiri hampir putus asa waktu menderita sakit perut ini.
Bahkan saya pernah diare darah selama berbulan-bulan. Sampai saya berkali-kali pingsan karena kurang darah.

Dengan adanya resep ini orang yg mengalami diare bisa mencoba resep ini dulu.
Sehingga besar kemungkinan mereka dapat menghemat rupiah untuk membayar dokter dan obat-obatan.

8. mbahWibi - March 13, 2009

iya deh..
mudah2an resep sagu ini betul2 bermanfaat & gak perlu antre lama ke mr ponari
hehe….
sy sakit mag udh banyak ngluarin uang
jutaan, man !
tapi ada yg bilang daun sambung nyawa jg cespleng
yuk nyoba bareng2…..

9. Evan - March 27, 2009

halo mbah,

Saya jadi agak penasaran, anda sudah pernah coba resep saya ini belum ?

10. boim - April 14, 2009

dah 4 hari sakit perut kaya diperes2.. ilang kambuh ilang kambuh begitu terus sampe ga bisa tidur nyenyak. mana lagi jadi bumil neh.. mo minum obat sembarangan, takut…
browsing dapet resep ini trus nyoba langsung.. Puji Tuhan sakitnya agak berkurang. Bener lho..!!!
kalo rasa jangan ditanya ga enak, tapi biar cepet sembuh ikut aja lah..
makasih buat resepnya ya..

11. Syarif - April 29, 2009

thank’s atas info nya, akan kucoba resepnya, alnya aku juga mengalamihal sama dengan mas…???? Doakan ya mas alnya aku dah lama nee ga sembuh2 dari penyakit perut, seperti kembung, mual dan melilit

12. rizal - May 4, 2009

tapi jangan-jangan kamu kena usus buntu sayrif, soalnya kalo usus buntu katanya juga sering diare. coba aj diperiksa ususnya, soalya kalo sampe kronis bahaya deh

13. San - May 6, 2009

saya sudah setahun lebih sakit perut sy jg pernah endoskopy dan kolonoskopi pas waktu kolonoskopi baru ketahuan penyakitnya didalam usus besar sebelah kiri bawah ada bintik2 merah banyak skali kayak sariawan persis sy jg udh berobat kemana2 tp kayak cerita di atas sembuh sebentar selama masih ada obat. apakah sy bisa sembuh total dgn resep tepung sagu ni. dan berapakah lamakah meminumnya sebelum makan ato sedudah makan kita minum. apa air hangat ato air dingin. mohon penjelasannya Trimkasih

14. Evan - May 6, 2009

halo San,

sebenernya air nya adalah air biasa bukan air hangat.
Pada postingan saya pertama kali di milist food combining saya menulis air biasa, tapi ada beberapa orang yg merubahnya menjadi air hangat.

Air nya harus air biasa, krn bagi orang yg sakit perut nya seperti saya, air hangat atau dingin bisa memicu diare. Dengan menggunakan air biasa (suhu kamar) semua orang di dunia bisa meminumnya tanpa ada resiko apa2.

minumnya sebelum makan boleh atau sesudah jg boleh.
sesukanya saja.
Tapi makan nya harus di jaga.
Yg paling bagus makan nasi + sayur bening bayam.
sayur nya di rebus pakai garam saja, tidak boleh pake bawang putih.
kalo bosan boleh pake ayam goreng atau tempe, semuanya pake garam saja. Dan harus di kunyah yg halus.

Makan begini sampai diare anda hilang.

Cara makan, juga pakai cara Nabi Muhammad, makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Saya tahu sekali kalo waktu sakit diare anda sering lapar.
Begitu anda lapar, anda harus makan. Jadi jika anda dalam sehari lapar 10 kali, maka anda juga harus makan selama 10. Tapi ingat tidak boleh terlalu kenyang. Yg penting perut anda tidak boleh kosong.

Jangan sampai anda berada dalam situasi perut kosong dan udara dingin.
Karena bisa memicu diare lagi.

15. Edi - November 23, 2009

Saya pernah batuk darah tiba-tiba padahal saya gak ada penyakit TBC, ada apa dengan saya, memang saya punya penyakit magh apa da pengaruh dari penyakit itu, mohon penjelasannya… ya apa perlu di ronsen…terima kasih. sebelumnya tas penjelasan natinya

16. Evan - January 6, 2010

maaf sekali Edi, tapi saya bukan dokter.
saya hanya punya pengalaman sakit perut yg cukup parah, dan pengalaman inilah yg saya share.

untuk pernyakit anda sebaiknya anda datang ke dokter atau puskermas terdekat

17. putri - March 4, 2010

hallooo….

mau tanya dong ….
boleh nggak gula jawanya diganti dengan palm sugar?

18. Evan - March 5, 2010

halo Putri,

Sebenernya saya belum pernah coba dgn palm sugar.

Tapi gula jawa nya juga optional kok, jadi boleh pake, boleh juga tidak pake.

Tujuan utamanya adalah tidak menimbulkan sakit pada perut anda.
kalo memang palm sugar tidak menimbulkan sakit perut, silahkan saja di coba.

Untuk rekan-rekan penderita Ulcerative Colitis bisa bergabung di Facebook Group Ulcerative Colitis Indonesia.

19. syaroh - March 8, 2010

ada obat sakit perut yang lebih ampuh gak, selain tepung sagu??????

20. Evan - March 8, 2010

halp syaroh,

sebenernya tepung tapioka juga bisa dicoba.
tapi kalo masih belum sembuh juga mungkin cara makan anda masih belum benar.
Utk penderita sakit perut, sebaiknya memakan sayur bening bayam. jadi coba dulu makan sayur bening bayam seperti yg saya tulis di blog ini juga.
Jangan memakan makanan yg bisa memicu sakit perut anda dulu.

Tapi kalo sakit berlanjut, ada baiknya anda berobat ke dokter.

21. Itiew - April 22, 2010

Asalam?Srius gx tu pakai sagu??
Sakit perut yg rasanya kayak makan sambal (uda parah belum),soalnya belum pernah ke dokter

22. candradelta - November 30, 2010

saya 3hari yang lalu akit muntaber stlh minum resep sagu tersbt. sembuh dech

23. musifah - May 5, 2011

Thanks ats resp y
smga dpt mgts skit prut sifa in
alya ud 3 hri rsnya widih. .
uda kayak ad konser di dlm perut. .
sifa coba rsep y

24. pulzzahut - June 17, 2011

waduh jaga kesehatan mas

25. furkon - January 6, 2012

gan saya mau nanya, ayah saya sering sakit perut, bhkan udah bertahun2 , tp BAB nya biasa,obat alami yg manjur apa ya gan?trms ats jwbnya.

26. Ndrulan Andrityaman - January 15, 2012

Mba Eva saya mencoba resep anda tetapi baru dua hari ini, yg saya tanyakan adalah gejalah, tanda-tanda setelah mengkonsumsi tepung tapioka diaduk dengan gula merah. Memang saya penderita sakit mag yang sering kambuh. Saya tanyakan hal ini sebab begitu saya konsumsi, memang sakit agak berkurang tetapi mencret terus bau BAB juga seperti bayi, apakah ini salah satu tanda atau bagaimana. maksi atas resepnya.

Evan - January 17, 2012

halo Ndrulan,

utk bisa sembuh, anda jg harus menjaga makanan anda.
makanlah makanan yg tidak pedas & tidak asam.
semua makanan harus dalam suhu ruangan, dan dikunyah sampe halus. Hindari semua makanan yg bisa membuat diare seperti susu, kopi, buah2an, dll.
Makanlah pada saat lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.
Jadi kalo anda merasa lapar sebanyak 6 kali sehari, berarti anda harus makan 6 kali jg.

bila semua di atas sudah di lakukan tapi tetap diare, mungkin resep tepung ini tidak cocok utk anda, dan anda bisa mencoba meminum madu murni. Utk madu murni anda bisa minum kapan saja, terutama pagi-pagi saat baru bangun tidur dan malam saat mau tidur. Diantara dua waktu tersebut anda bisa meminum nya kapan saja anda mau.

27. Rizal - May 24, 2016

kalau saya masak menjadi semacam kue boleh ngak


Leave a Reply

